Cara Cek Status BPJS Aktif Atau Tak Yang wajib Anda Tau

Cara Cek Status BPJS Aktif Atau Tak

Sebelum membahas mengenai Cara Cek Status BPJS Aktif Atau Tak, BPJS, memang kini semakin melambung tinggi infomasinya, dan hal itu Tak terlepas oleh sepak terjang pemerintah untuk menggalakkannya, tapi Tak sedikit juga yang belum paham betul dengan program pemerintah yang satu ini, maka hal ini menjadi jalan kami untuk menghadirkan informasi berkualitas seputar program pemerintah yang satu ini, sebab diluar sana, ada banyak program yang ternyata juga Sesuai, misalnya jamsostek, asuransi kesehatan yang di khususnya bagi masyarakat indonesia.






bila Anda ingin mengetahui status BPJS Anda apakah masih aktif atau Tak, caranya cukup mudah. Silakan simak beberapa cara untuk mengecek status keanggotaan BPJS apakah masih aktif atau sudah hangus seperti dijelaskan dibawah ini.

Salah satu aspek yang wajib dicermati sebelum kartu BPJS kesehatan milik Anda masih Bisa digunakan untuk menemui layanan kesehatan dengan Agunan BPJS merupakan kartu atau status kepesertaan wajib masih aktif, bila Tak maka kartu BPJS Anda Tak akan Bisa digunakan untuk menemui layanan kesehatan dimanapun.

Dalam sistem BPJS Kesehatan Tak ada yang namanya penghentian dari kepesertaan, artinya sekali Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka Anda selamanya akan menjadi peserta BPJS dan mempunyai kewajiban untuk membayar iuran kecuali peserta merupakan penerima bantuan iuran dari pemerintah.

Penyebab status kepesertaan BPJS Tak Aktif

Ada beberapa faktor yang menyebabkan status kepesertaan peserta BPJS seseorang menjadi Tak aktif, diantaranya merupakan sebagai berikut:

1. Peserta Tak membayar iuran bulanan

Peraturan terbaru menyebutkan, bahwa bila dalam 1 bulan aja peserta menunggak maka kartu yang bersangkutan akan langsung di non-aktifkan, dan kartu tersebut Tak Bisa digunakan untuk berobat.

2. Peserta masih dalam proses menunggu untuk pembayaran iuran pertama

Usai mendaftar, peserta akan memperoleh nomor virtual account untuk digunakan sebagai nomor rekening pembayaran iuran. Adapun pembayaran iuran pertama baru Bisa dilakukan setelah 14 hari sejak menemui nomor virtual account. Sebelum iuran pertama dibayarkan, maka status kepesertaan masih dalam kondisi non-aktif.

3. Salah satu peserta di KK mempunyai tunggakan pembayaran

Seperti diketahui, peraturan BPJS mengharuskan seluruh anggota keluarga yang terdapat di KK untuk Turut didaftarkan menjadi peserta BPJS, dan apabila ada salah satu anggota keluarga yang menunggak pembayaran, maka kepesertaan untuk seluruh anggota keluarga yang ada pada KK setelah itu menjadi non-aktif.

Cara Cek Status Aktif dan Non-aktif BPJS

Berikut ini beberapa cara praktis nan mudah untuk mengetahui apakah status BPJS Kesehatan Anda masih aktif atau sebaliknya:

1. Cek Status Lewat SMS

Untuk memantau status aktif atau tidaknya kepesertaan BPJS Anda Bisa dilakukan melalui SMS. BPJS saat ini menawarkan fasilitas SMS gateway untuk memudahkan peserta menemui informasi yang diperlukan seputar BPJS, SMS gateway memakai pesan SMS dalam format Eksklusif yang dikirim ke nomor ponsel yang telah ditentukan oleh BPJS, Bisa memakai NIP, nomor kartu BPJS Kesehatan atau Nomor KTP.

Cara mengecek status kepesertaan BPJS lewat SMS :

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh       : NOKA  0001260979209

Kirim ke      : 087775500400

NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI

Contoh       : NIP 1962061119880001009

Kirim ke      : 087775500400

NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (no KTP)

Contoh       : NIK 357303030987

Kirim ke      : 087775500400

2. Melalui Layanan Peserta

Opsi lain yang Bisa pilih merupakan melalui call center BPJS. Nomornya merupakan 1500400. Silakan langsung menjalankan panggilan ke nomor tersebut, lalu sampaikan perihal maksud Anda. Cara ini merupakan cara yang paling mudah, namun bila Anda Tak menemui jawab yang memuaskan, Anda Bisa memakai opsi yang lain seperti dijelaskan dibawah.

Baca juga: Cara menyampaikan permasalahan BPJS

Sebagai catatan, layanan panggilan BPJS Tak hanya Bisa digunakan untuk mengecek status aktif tidaknya kartu peserta, Bisa juga digunakan untuk menemui informasi lainnya yang berkaitan dengan Kepesertaan BPJS.

3. Melalui Layanan Online

Selain menyediakan fasilitas layanan SMS dan panggilan, BPJS juga menyiapkan fasilitas online untuk para pesertanya. Cara cek status BPJS lewat internet cukup mudah, silakan masuk ke Laman Ini, lalu masukkan Nomor Kartu dan Tanggal Lahir, masukkan juga angka Validasi yang tertera, selanjutnya klik tombol Cek - Selesai, dan Anda Bisa mengetahui hasilnya.

0 Response to "Cara Cek Status BPJS Aktif Atau Tak Yang wajib Anda Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel